Rekomendasi 7 Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik di Android

Rekomendasi 7 Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik di Android

Beberapa orang tidak menyukai iklan karena dinilai dapat merusak pengalaman bermain game, browsing di internet dan streaming video. Pernyataan ini benar, karena sejumlah iklan terkadang muncul di saat yang tidak tepat dan itu mengganggu.

Karenanya, diciptakanlah aplikasi pemblokir iklan, yang dapat menghilangkan iklan dari aplikasi-aplikasi tertentu dan memberikan kenyamanan kepada pengguna. Berikut 7 di antaranya untuk kamu yang risih dengan yang namanya iklan. Check it out!

1. AdAway

AdAway merupakan aplikasi pemblokir iklan sederhana yang menggunakan file host yang telah dimodifikasi untuk mengirim permintaan iklan ke 12.0.0.1. Dengan kata lain, AdAway ‘membelokkan’ iklan ke tempat lain dan menghilangkannya dari aplikasi pengguna.

Aplikasi ini mendukung file host kustom dan membutuhkan akses root untuk bisa beroperasi. Selain itu, AdAway juga butuh F-Droid yang hanya bisa diunduh diluar Play Store. AdAway bisa diunduh secara gratis, namun ada opsi donasi jika pengguna ingin menyumbang.

2. Adblock Plus

Adblock Plus merupakan salah satu aplikasi pemblokir iklan paling populer di daftar ini. Adblock Plus dapat bekerja pada perangkat yang telah di-root maupun belum di-root, meski bagi pengguna non-root ada lebih banyak langkah yang harus dilakukan.

Aplikasi ini bekerja di latar belakang dengan cara menyaring web traffic, sama seperti versi ekstensi web browser-nya. Untuk penggunaannya, pengguna hanya perlu membuka aplikasinya, mengatur pengaturan yang diperlukan dan secara otomatis, Adblock Plus akan bekerja.

3. AdGuard

AdGuard bekerja dengan cara yang sama seperti Adblock Plus. AdGuard berjalan sebagai layanan di latar belakang dan akan mem-filter lalu lintas situs web. Sama seperti Adblock Plus, AdGuard juga bisa digunakan di perangkat non-root, namun dengan beberapa pengaturan ekstra.

AdGuard akan tetap menampilkan tab web traffic sama seperti aplikasi penghemat kuota, GlassWire. UI yang dibawa oleh AdGuard juga sederhana dengan Material Design yang ciamik. Ada versi premium bagi mereka yang ingin fitur lebih lengkap.

4. Block This

Meski tidak sepopuler tiga aplikasi sebelumnya, Block This tetap jadi salah satu aplikasi pemblokir iklan terbaik yang efektif dan mudah digunakan. Aplikasi menggunakan ‘metode ala VPN’ serupa yang juga digunakan oleh Adblock Plus dan AdGuard.

Namun, Block This menggunakan DNS blocking alih-alih filter. Developer dari Block This mengklaim bahwa cara DNS blocking menguras lebih sedikit baterai karena sebagian besar aktivitasnya dilakukan sebelum iklan mencapai perangkat pengguna. Block This layak untuk dicoba.

5. AdClear

Selanjutnya ada AdClear, aplikasi pemblokir iklan yang bisa bekerja di perangkat non-root dan dikembangkan oleh XDA developer. Aplikasi ini akan menciptakan VPN untuk menyaring iklan yang masuk sebelum sampai ke web atau aplikasi. Di samping itu, AdClear juga dapat menyaring iklan yang terenkripsi.

AdClear bekerja baik dengan koneksi Wi-Fi ataupun data seluler dan dapat memblokir segala jenis iklan dari banyak aplikasi. Ini direkomendasikan dan bisa jadi alternatif yang tidak kalah menarik dari AdGuard dan Adblock Plus.

6. AdBlocker Ultimate Browser

Tidak seperti mayoritas aplikasi pemblokir iklan di daftar ini, AdBlocker Ultimate Browser lebih ke browser yang dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan. Ini bisa dijadikan alternatif dari Google Chrome yang notabene tidak memiliki fitur adblock bawaan.

Selain bisa memblokir segala jenis iklan, AdBlocker Ultimate Browser juga bisa memblokir trackermalware dan situs-situs yang berpotensi phising. Secara keseluruhan, AdBlocker Ultimate Browser dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan hadir dengan banyak fitur ekstra.

7. Unicorn Blocker

Yang terakhir ada Unicorn Blocker, yang selain dapat memblokir iklan, juga bisa mencegah pop-up. Dengan menggunakan Unicorn, pengguna jadi bisa menghemat kuota hingga 50 persen dan berselancar di internet tiga kali lebih cepat.

Selain itu, dengan tidak adanya iklan, baterai juga jadi bisa lebih hemat hingga 21 persen. Unicorn dapat memblokir iklan di lebih dari 1,000 situs seperti situs komunitas, media dan blog. Namun, Unicorn agak terbatas karena hanya bekerja di browser seperti Samsung Internet dan Yandex Browser.

Itulah tadi sedikit ulasan sekaligus rekomendasi aplikasi pemblokir iklan terbaik untuk Android yang wajib kamu pakai. Semua aplikasi di atas tersedia di Play Store dan bisa kamu unduh secara gratis. Selamat mencoba!

 

 

 

sumber : idntimes.com