Perbedaan Antara Web Developer dan Web Designer

Perbedaan Antara Web Developer dan Web Designer

Tentu akan ada banyak sekali pekerjaan yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian besar orang di dalam dunia kerja. Mungkin sebagian besar orang akan beranggapan bahwa web developer dengan web designer itu merupakan salah satu pekerjaan di dunia digital yang sama. Sehingga Anda akan bingung dalam membedakan kedua jenis pekerjaan ini.

Nah apakah Anda ingin mengetahui apa saja perbedaannya? Maka dari itu di bawah ini akan di bahas mengenai perbedaan dari web developer dengan web designer tersebut.

Mengenal Lebih Jauh tentang Web Developer

Jadi yang dimaksudkan dengan web developer ini adalah seseorang yang mengerjakan atau menciptakan suatu aplikasi dengan basis web. Yang mana web ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada umumnya pekerjaan dari seorang web developer ini adalah membuat semua hal yang terjadi di dalam suatu aplikasi berbasis web atau dalam sebuah website.

Seorang web developer mempunyai peran yang sangat penting di dalam membuat suatu website, sebab mereka akan berperan dalam menghubungkan semua sumber daya pada suatu website. Misalkan saja seperti memanggil dan menggunakan database, bagaimana membuat suatu halaman yang dinamis dalam website, dan juga tidak lupa untuk mengatur bagaimana cara pengunjung website bisa berinteraksi atau menggunakan semua fitur atau elemen yang terdapat pada website yang dibuat tersebut.

Seorang web developer bisa dikatakan sebagai seorang yang handal dan profesional maka mereka harus sudah terbiasa dalam menggunakan bahasa pemrograman tertentu di dalam membuat suatu website. Bahasa pemrograman ini bisa dilihat dari sisi servernya ataupun dari sisi client, dan seorang web developer harus menguasainya.

Serta tidak lupa bagaimana cara menggunakan aspek database yang akan digunakan nantinya pada suatu website yang dibuat. Menyinggung bahasa pemrograman yang sudah disebutkan tadi, maka ada beberapa macam bahasa pemrograman yang dikuasai oleh web developer ini. Misal dari sisi client akan ada bahasa pemrograman JavaScript.

Kemudian untuk bahasa pemrograman yang dilihat dari sisi servernya maka ada bahasa pemrograman ASP, PHP, Java, Ruby, Python, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan untuk dari sisi databasenya ada bahasa pemrograman MySQL, Oracle, dan yang lainnya. Bagi seorang web developer aspek tampilan dari website yang dibuat merupakan sisi yang bisa dibilang tidak terlalu diunggulkan.

Sebab jika seorang web developer ini sudah berhasil menyelesaikan pekerjaannya dalam membuat scripting dari website yang dibuat, maka langkah yang selanjutnya yang dilakukan adalah dengan menyerahkan website tersebut ke seorang web designer yang mana akan membantu dalam menciptakan tampilan website yang lebih baik. Nah, inilah informasi lebih lengkap mengenai web designer tersebut.

Mengenal Lebih Jauh tentang Web Designer

Perlu Anda ketahui bahwa seorang web designer ini merupakan orang yang pekerjaannya berhubungan dengan unsur-unsur visual yang ada di dalam suatu halaman website. Orang inilah yang akan membuat tampilan dari suatu website akan terlihat lebih menarik dan terlihat lebih cantik. Dengan begitu sebuah website bisa memanjakan mata pengunjung yang mengunjungi website tersebut. Seorang web designer akan mengintegrasikan beberapa komponen yang akan bisa membantu dalam mempercantik halaman website.

Misalkan saja seperti gambar atau file flash, bisa juga berbagai macam multimedia yang dimasukkan ke dalam halaman website sehingga akan menambah pengalaman visual dari user. Atau bisa juga bertujuan untuk melengkapi konten yang ada dalam suatu halaman website.

Beberapa hal yang wajib dikuasai oleh seorang web designer antara lain adalah Client-side scripting yang mana di dalamnya akan membahas mengenai bahasa HTML dan juga CSS. Tidak hanya itu, seorang web designer juga harus mampu dalam memanipulasi gambar serta animasi sehingga akan bisa mempercantik halaman suatu website.

Namun, ada banyak juga yang perlu dikuasai oleh seorang web designer ini. Untuk sisi client, web designer biasanya akan menggunakan bahasa JavaScript. Sedangkan untuk sisi server nya menggunakan bahasa ASP, PHP, dan yang lainnya. Kemudian untuk mendesain halaman website akan menggunakan bahasa CSS atau Cascading Style Sheets dan juga bahasa HTML.

Kemudian untuk melakukan manipulasi gambar biasanya para web designer ini akan menggunakan beberapa software yang akan mendukung kegiatan tersebut. Misalnya seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, dan yang lainnya. Dan yang terakhir ada bagian animasi yang pada umumnya berupa flash.

Pada umumnya seorang web designer ini akan bekerja di dalam suatu tim, dan bukan bekerja secara individu. Hal ini bertujuan untuk bisa menciptakan suatu tampilan website yang bisa bekerja dengan baik dan juga benar. Ada salah satu keterampilan yang akan sangat berguna oleh seorang web designer ini. Yakni keterampilan berkomunikasi, sebab pekerjaannya akan di kerjakan dengan team. Namun perlu diingat bahwa dalam menjadi seorang web designer itu bukanlah pekerjaan yang mudah.

Selain harus bisa mengusai beberapa skill yang sudah disebutkan tadi, mereka juga harus bisa memahami kegunaan. Tidak hanya itu, mereka juga harus mengetahui bagaimana standar W3C yang biasanya digunakan untuk HTML dan juga CSS. Serta yang terakhir adalah mereka harus bisa membuat tampilan yang berbeda-beda pada setiap browser yang berbeda tentunya.

Dan itulah tadi mengenai perbedaan antara web developer dengan web designer, sehingga Anda kini sudah mengetahui apa perbedaannya.

 

 

 

 

Sumber : idcloudhost.com