Era Digital Ciptakan Profesi Baru

Era Digital Ciptakan Profesi Baru

  • Post author:
  • Post category:Artikel

Saat ini kita sedang memasuki era Revolusi Industri 4.0. Perubahaan era ini ditandai dengan masuknya teknologi digital di berbagai bidang kehidupan manusia, baik di sektor ekonomi, bisnis, perbankan, infrastruktur, maupun komunikasi. Selain hal tersebut, perkembangan dunia digital juga berpengaruh terhadap munculnya jenis-jenis pekerjaan baru.

Munculnya berbagai jenis pekerjaan baru di era digital menuntut kita untuk memiliki keterampilan tidak hanya berupa hardskill namun juga softskill. Mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki kemampuan problem-solving, serta kreatif dan inovatif merupakan beberapa contoh softskill yang harus dimiliki seseorang agar dapat beradaptasi di dunia kerja pada era digital saat ini. Pasalnya dengan berkembangnya dunia digital tidak menutup kemungkinan terjadinya kolaborasi di berbagai bidang pekerjaan. Terlebih saat ini masyarakat sudah menerapkan teknologi digital di berbagai aspek kehidupan mereka. Jenis pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan akan muncul seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap profesi tersebut.

Hal lain yang menarik adalah jenis-jenis pekerjaan baru di era digital ini mengadopsi kultur bekerja yang berbeda. Kantor pada umumnya akan mengharuskan karyawannya untuk bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Namun, banyak kantor di era digital yang berupaya untuk mengembangkan lingkungan kerja dengan konsep yang lebih fleksibel. Mereka membebaskan jam masuk karyawan asalkan jumlah jam kerja masih tetap sama, yaitu 8 jam. Selain itu, kantor di era digital saat ini juga membebaskan cara berpakaian karyawannya asal sesuai dengan norma yang diterapkan. Berbeda dengan kultur kantor di era sebelumnya yang mewajibkan karyawannya untuk memakai seragam formal tertentu.

Ada yang beranggapan bahwa munculnya jenis-jenis pekerjaan baru ini dapat memudahkan para pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan. Terlebih dalam berkarir seharusnya kita bekerja sesuai dengan passion atau bidang yang kita senangi. Maka dari itu, berbagai jenis pekerjaan baru di era digital ini membuka kesempatan kerja untuk siapa saja asalkan memiliki keterampilan di bidangnya.

Nah, jenis pekerjaan baru seperti apakah yang muncul di era digital saat ini? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Social Media Specialist

Berkembangnya teknologi digital membuat media sosial memiliki peran yang penting bagi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness dan membangun koneksi dengan pelanggan. Oleh karena pentingnya media sosial sebagai platform pemasaran saat ini, banyak perusahaan mencari Social Media Specialist untuk mengelola seluruh akun media sosial perusahaan. Selain itu, seorang Social Media Specialist juga memiliki tugas dalam perencanaan konten, penulisan caption, dan strategi penjadwalan materi.

Content Writer

Dilihat dari namanya, Content Writer memiliki arti seseorang yang membuat konten tertentu dalam bentuk tulisan. Pekerjaan sebagai Content Writer saat ini sangat dicari oleh beberapa perusahaan untuk menulis artikel yang akan diunggah di website perusahaan. Artikel yang dibuat oleh Content Writer harus informatif dan merepresentasikan produk ataupun citra perusahaan.

Video Creator

Profesi sebagai Video Creator bisa dibilang merupakan profesi yang diminati oleh banyak orang di era digital saat ini. Pasalnya banyak perusahaan juga membutuhkan seorang Video Creator untuk membuat konten berbentuk video. Seorang Video Creator harus mampu membuat konsep yang matang agar pesan yang ingin disampaikan dapat menarik perhatian masyarakat.

Affiliate Account Manager

Bisnis afiliasi saat ini memang sangat populer. Beberapa perusahaan memanfaatkan program afiliasi untuk mempermudah penjualan produk perusahaan. Maka dari itu, banyak perusahaan membutuhkan seorang Affiliate Account Manager untuk membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan klien.

Graphic Designer

Seorang Graphic Designer bertugas untuk membuat konten pemasaran perusahaan dalam bentuk gambar. Dalam membuat desain, seorang Graphic Designer harus memiliki kreatifitas yang tinggi agar mampu menghasilkan visual yang komunikatif dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Data Analyst

Data Analyst memiliki tugas untuk menganalisa data yang nantinya dapat menjadi acuan bagi kemajuan sebuah bisnis di suatu perusahaan. Data-data tersebut nantinya bukan hanya dianalisa saja, namun juga harus mampu dijelaskan sebab akibatnya oleh seorang Data Analyst.

UI/UX Designer

UI merupakan singkatan dari User Interface, sedangkan UX adalah singkatan dari User Experience. Keduanya berkaitan erat dengan tampilan pada sebuah website. Seorang UI/UX Designer bertugas untuk mendesain sebuah website ataupun aplikasi agar lebih mudah digunakan dengan tampilan yang mudah dipahami.

Nah, sekarang sudah mengerti kan contoh jenis-jenis pekerjaan baru di era digital?

 

 

 

 

 

Sumber : niagahoster.co.id