Website Media Paling Tepat untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Apa yang perlu dilakukan untuk membuat bisnis Anda semakin banyak dikenal orang? Ya, mempromosikannya dengan baik. Namun, bagi sebagian pebisnis, promosi dianggap identik dengan biaya yang besar. Sebenarnya, tidaklah selalu demikian.

Terutama bagi bisnis online, menggunakan website bisa menjadi langkah tepat untuk melakukan promosi dengan efektif. Kenapa demikian? Temukan jawabannya di artikel ini.

Kenapa Promosi Itu Penting?

Promosi adalah upaya mengkomunikasikan produk Anda kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Boleh dikatakan promosi adalah kunci sukses bisnis dalam menjual suatu produk.

Oleh karena itu, tidak satu bisnis pun yang melakukan penjualan produk tanpa promosi. Walaupun cara yang ditempuh bisa saja berbeda.

Nah, mari kita jawab, kenapa promosi itu penting?

1. Menarik Konsumen untuk Membeli Produk

Inilah tujuan utama dari kegiatan promosi. Semakin banyak orang tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan, potensi revenue yang Anda miliki semakin besar.

Bagaimana menarik perhatian calon konsumen Anda? Dengan merumuskan target pasar Anda terlebih dahulu. Jika target pasar Anda cenderung kepada produk yang ekonomis, memberikan potongan biaya atau diskon bisa menjadi pilihan promosi yang menarik.

Di sisi lain, jika konsumen Anda lebih fokus ke manfaat produk, Anda bisa mengedepankan upaya promosi dengan membanggakan fitur yang dimiliki oleh produk Anda. Tentunya yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

2. Menjelaskan Produk dengan Baik

Siapa yang mengenal suatu produk dengan baik? Tentu Anda sebagai produsen. Namun, siapakah yang membutuhkan produk tersebut? Konsumen tentunya.

Nah, peran promosi adalah menjembatani kedua hal tersebut.

Anda bisa menjelaskan produk Anda dengan baik. Mulai dari manfaat penggunaan produk tersebut hingga cara menggunakannya dengan tepat.

Misalnya, jika Anda menjual produk elektronik, Anda bisa menjelaskan bahwa produk tersebut hemat listrik namun memiliki kemampuan lebih baik dari produk lain yang ada di pasaran. Selain itu, Anda bisa menjelaskan bagaimana cara menggunakan produk tersebut supaya awet. Jika produk Anda bertahan lama, tentu konsumen akan semakin percaya menggunakannya.

3. Membangun Branding

Di tengah banyaknya produk yang berasal dari kompetitor, kemampuan produk Anda untuk bersaing adalah kunci utama. Inilah peran branding.

Faktanya, 71% konsumen ingin mengenal brand Anda terlebih dahulu sebelum membeli produk. Artinya, jika kegiatan promosi yang Anda lakukan mampu membangun branding bisnis Anda dengan baik, bayangkan potensi konsumen yang akan membeli produk Anda.

Misalnya brand yang dibangun bisa dengan “mudah dan hemat”, “secangkir semangat” atau “just do it”.

4. Menciptakan Konsumen Yang Loyal

Jika promosi yang Anda lakukan berhasil dengan baik, Anda bisa menciptakan konsumen yang loyal dengan produk Anda. Alasannya, produk yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik akan terus digunakan dalam jangka waktu lama.

Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa 65% dari revenue sebuah bisnis berasal dari pelanggan setia mereka. Luar biasa, bukan?

Oleh karena itu, melakukan upaya promosi yang baik mutlak dilakukan. Bagaimana caranya?

Website Merupakan Media Promosi yang Efektif

Ketika berbicara tentang promosi, terdapat berbagai kegiatan yang sering  dilakukan. Mulai dari memasang iklan di media cetak atau elektronik, menggelar event launch produk, hingga mengadakan program kuis, giveaway, dan lainnya.

Seperti yang Anda ketahui, jenis promosi di atas cenderung membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, perkembangan teknologi informasi membuat Anda tidak bisa mengesampingkan media online sebagai promosi.

Maka, website bisa Anda gunakan sebagai media promosi produk Anda dengan efektif.

berbagai manfaat yang tak kalah penting promosi melalui website,antara lain:

1. Kemudahan Akses

Selain biaya yang diperlukan cukup hemat, memiliki website membuat upaya promosi anda bisa diakses dengan mudah.

Website Anda akan online selama 24 jam penuh. Artinya, pengunjung bisa mendapatkan informasi promosi Anda kapan saja.

Selain itu, website tersebut bisa diakses dari mana saja selama ada koneksi internet. Bahkan, Anda bisa menggunakan media apapun termasuk ponsel untuk mengaksesnya.

2. Pasar Yang Tak Terbatas

Website memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak orang. Jika Anda menggelar suatu event, audiens Anda akan terbatas pada lokasi dan waktu yang sudah ditentukan.

Namun, jika Anda memposting event tersebut di website Anda, semakin banyak orang yang bisa mendapatkan informasi tersebut.

Selain itu, Anda akan bisa menjangkau konsumen yang berasal dari mana saja di seluruh dunia.

3. Kecepatan Update Informasi

Jika menggunakan media promosi tradisional seperti iklan di media massa atau elektronik, koreksi atas informasi yang terlanjur ditampilkan membutuhkan waktu yang panjang.

Dengan website, Anda bisa melakukan update informasi promosi dengan cepat.

Cukup menampilkan informasi terbaru tentang produk, perubahan fitur hingga ketentuan promosi terbaru melalui website Anda. Dengan cara ini, informasi produk bisa diperoleh dengan cepat dan sekaligus membangun kredibilitas bisnis Anda.

Penutup

Jangan salah menentukan media untuk mempromosikan bisnis Anda. Sebuah website bisnis menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh cara promosi fisik dan tradisional.

Jika Anda melakukan promosi produk dengan baik, Anda bisa menarik konsumen lebih banyak, menciptakan branding bisnis Anda dan membentuk konsumen yang loyal pada produk yang Anda tawarkan. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber Asli : maxmanroe.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *