7 Aplikasi Personal Assistant Android Terbaik 2019!

Aplikasi personal assistant kini semakin diminati. Walaupun terlihat sederhana, mereka bisa membantu aktivitas sehari-hari. Apalagi untuk kita yang memiliki banyak kesibukan.

Cukup keluarkan handphone, panggil aplikasi tersebut dengan sebutannya, dan ucapkan perintah. Mereka akan menjalankan tugas tersebut dengan baik. Sederhana, kan?

Untuk pengguna Android, ada banyak aplikasi personal assistant yang tersedia di Google Play Store. Berikut ini beberapa rekomendasi yang dapat kamu coba!

1. Google Assistant

Salah satu personal assistant paling simpel dan bekerja dengan baik di Android adalah Google Assistant. Sistem operasi yang bisa mengaksesnya adalah mulai dari Android Marshmallow. Namun kamu harus memastikan bahwa Google Play Services dan Google App di perangkatmu sudah update.

Ada beragam fitur yang bisa kamu akses. Mulai dari melakukan pencarian, menyetel alarm, navigasi di Google Maps, mendapatkan update berita, dan lain-lain. Bahkan sekarang, Google sudah mengintegrasikan layanannya ke perangkat rumah tangga lho. Jadi kamu bisa menyalakan lampu, AC, dan lainnya hanya dengan mengatakan “OK Google”.

2. Amazon Alexa

Aplikasi personal assistant yang satu ini sebenarnya dapat bekerja dengan sangat baik. Asalkan kita memiliki perangkat Amazon untuk melengkapinya karena sebenarnya aplikasi ini bekerja sebagai controller.

Jika kamu memiliki perangkat tersebut, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari melakukan pencarian di internet, mengintegrasinya dengan peralatan rumah tangga, atau bahkan memesan makanan.

3. Lyra Virtual Assistant

Dilansir dari Android Authority, Lyra Virtual Assistant layak disebut sebagai aplikasi personal assistant dengan user interface paling sederhana. Walaupun begitu, ada berbagai fitur yang bisa kamu gunakan.

Misalnya mencari video di YouTube, mencari arah, menyetel alarm, dan lain-lain. Bahkan ia juga bisa mengajakmu bercanda lho! Terlebih lagi, semua fiturnya dapat diakses secara gratis tanpa ada in-app purchase.

4. Microsoft Cortana

Microsoft Cortana dapat secara mudah membantumu dengan pengingat, to-do listnote, tugas, dan lain-lain. Cortana dapat bekerja dengan baik jika kamu menggunakan berbagai aplikasi Microsoft. Misalnya Outlook, Office 365, OneNote, dan lainnya.

Ia dapat mengintegrasikan dan mengatur segala catatan, pekerjaan, dan jadwalmu. Dengan begitu, kamu tidak akan melupakannya. Cukup katakan “Hey Cortana” dan ikuti dengan perintahmu.

5. Bixby

Bixby adalah personal assistant keluaran Samsung sehingga ia hanya bisa beroperasi di perangkat tersebut. Cukup katakan “Hi Bixby”, ia pun siap menjalankan berbagai perintah.

Mulai dari mengunduh aplikasi dari Google Play, meminta pengingat, dan lain-lain. Bixby juga terintegrasi dengan berbagai perangkat rumah tangga keluaran Samsung. Jadi untuk kamu yang menggunakan perangkat dari brand tersebut, kamu bisa mencobanya.

6. Databot Assistant

Jika kamu ingin bermain-main dengan personal assistant, kamu bisa mencoba Databot Assistant. Pengguna dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepadanya. Misalnya meminta tip untuk kehidupan sehari-hari, menanyakan cuaca, dan lain-lain. Ia bahkan bisa memberikan lelucon sehari-hari, tebak-tebakan, dan hal lain yang menghibur.

7. Robin

Aplikasi yang satu ini didesain untuk menyaingi Siri, personal assistant yang ada di perangkat Apple. Ia terkenal dengan gaya navigasinya yang hebat saat kita sedang mengemudi. Tak hanya itu, Robin adalah personal assistant yang bisa menyesuaikan preferensi pengguna.

Kamu bisa mengatur ingin dipanggil apa, Robin juga akan semakin menyesuaikan layanannya dengan kebiasaanmu. Cara penggunaannya juga sederhana. Cukup dengan mengetuk tombol mikrofon, memanggil “Robin”, atau melambaikan tangan dua kali di depan handphone.

Di antara semua aplikasi yang disebutkan di atas, mana nih yang paling menarik bagimu? Selamat mencoba, ya!

 

 

 

sumber : idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *