Apa Itu Serangan DDOS (DDOS Attack) Serta Cara Mengatasinya

Apa Itu Serangan DDOS (DDOS Attack) Serta Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang sudah mengenal atau belajar menegenai jaringan komputer pastinya pernah mendengar istilah serangan yang bernama DDOS bukan? Di era modern saat ini melakukan kejahatan tak hanya melalui dunia nyata melaikan sudah merambah ke dunia internet.

Kejahatan dalam dunia internet justru lebih banyak menyebabkan kerugian pada saat ini karena terkadang korban tak menyadari kalau sedang mengalami hal tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini Kita akan membahas apa yang dimaksud dengan serangan DDOS dan bagaimana cara mengatasinya agar tidak terlanjur mengalami hal yang tidak diinginkan.

Apa Itu DDOS ?

Serangan yang bernama DDOS atau biasa dikenal dengan Distributed Denial of Service Attack, jika diartikan kedalam bahasa indonesia berarti sebuah penolakan layanan yang terdistribusi. Umumnya diketahui serangan yang bernama DDOS merupakan percobaan penyerangan yang dilakukan oleh beberapa sistem jaringan komputer yang bertujuan untuk membuat suatu server memiliki jumlah traffic yang terlalu tinggi. Hal tersebut berdampak kepada server yang tidak lagi bisa menghandle request.

Percobaan yang dimaksudkan disini adalah dengan mencoba mengirimkan berbagai spam dengan jumlah yang cukup banyak dan juga secara bersamaan. Dengan demikian server tersebut akan tidak mampu untuk menahan segala luapan data yang dikirimkan kemudian akhirnya down.

Serangan DDOS kini cukup populer dengan konsepnya yang sederhana yaitu menganggu jalannya aktivitas server sampai akhirnya berat kemudian nantinya tidak dapat menampung semua koneksi dari pengguna lainnya karena sudah overload. Namun demikian, keberhasilan dari serangan DDOS juga sangat bergantung terhadap kemampuan server dalam menampung semua permintaan yang dikirimkan dan juga kinerja dari Firewall ketika ada permintaan yang cukup mencurigakan.

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinta ada baiknya Kita pelajari bagaimana cara kerja dari serangan yang bernama DDOS dan juga tujuannya tersebut. Banjir permintaan, disebut banjir permintaan karena teknik ini menggunakan teknik yang akan membanjirin jaringan dengan menggunakan banyaknya permintaan sehingga pengguna lainnya yang sudah terdaftar tak akan dapat dilayani.

Banjir traffic, teknik yang satu ini bertujuan untuk membanjiri lalu lintas dari jaringan dengan mengirimkan banyak data sehingga user lainnya tak akan dapat dilayani, Mengubah sistem konfigurasi dan juga merusak segala komponen server yang ada.

Perlu diketahui suatu website yang terkena serangan DDOS dapat dikenali diantaranya seperti, bandwidth Anda secara tiba-tiba mengalami lalu lintas yang cukup padat ketika akan melakukan upload maupun download. Meskipun tidak adanya proses yang dieksekusi namun load CPU tiba tiba menjadi sangat tinggi yang membuat kinerja pada server menjadi menurun bahkan sampai tidak bisa untuk diakses.

Cara Mengatasi Serangan Serangan DDOS atau Distributed Denial of Service Attack

Serangan DDOS sangat merugikan pemilik website dari segala sisi. Dan apabila tidak segera diatasi maka akan memungkinkan hal buruk untuk terjadi dan akan sangat tidak menguntungkan bukan? Untuk itu penting juga untuk Kita mengetahui bagaimana cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi website dari serangan DDOS. Berikut beberapa tips ampuh yang dapat Anda terapkan apabila Mengalami serangan DDOS pada website yang Anda miliki :

  • Lakukan identifikasi adanya serangan DDOS

    Melakukan identifikasi pada server sangat penting dilakukan guna mengethau apakah adanya serang DDOS yang terdapat pada server yang Anda miliki. Apabila sudah diketahui adanya serangan tersebut maka Anda perlu melakukan segala penangan agar tidak menjadi lebih serius lagi nantinya.

  • Gunakan Patch Keamanan

    Menggunakan patch keamanan yang terbaru guna memperbaiki bug-bug yang ada sehingga dapat mengurangi segala resiko dari serangan DDOS.

  • Menggunakan  Firewall

    Gunakanlah Firewall yang sangat bermanfaat dalam menyaring traffic yang keluar masuk pada komputer server Anda. Cara ini dikenal cukup ampuh untuk mengurangi segala resiko dari adanya traffik yang asalnya tidak jelas.

  • Blokir Port 

    Anda bisa melakukan blokir terhadap port yang menyerang dan juga alamat IP apabila merasa curiga kalau komputer yang Anda miliki akan disalah gunakan oleh orang guna untuk melakukan serangan DDOS.

  • Antisipasi UDP Flooding

    Jika Anda mengalami UDP flooding, langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan mematikan semua layanan UDP yang sudah terlanjur masuk ke dalam server. Lakukan pembesaran Bandwitdh yang berguna untuk memberikan selang waktu pada server agar tidak down apabila mengalami serangan DDOS.

    Lakukan disable broadcast yang sangat berguna untuk mengatasi dari serangan DDOS smurf. Saring permintaan ICMP pada firewall Anda sehungga dapat membatasi adanya traffic yang padat. Gunakan software keamanan pada jaringan komputer Anda, dengan demikian akan sedikit membantu Anda dalam mengurangi resiko dari serangan DDOS dan membuat komputer menjadi lebih aman.

Kesimpulan dan Penutup 

Apabila sudah terlanjut terkena serangan yang bernama DDOS Anda juga disarankan untuk menghubungi hosting provider atau ISP karena biasanya serangan DDOS juga menyerang alamat ip yang terdapat pada sistem, dengan melaporkan hal tersebut kepada penyedia jasa layanan internet akan sangat membantu dalam menangani serangan yang ada.

Batasi semua akses terhadap sistem ke sistem guna menyaring traffic data yang keluar masuk pada server yang Anda miliki. Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan juga mengatasi sistem jaringan yang Anda miliki apalagi jika sudah terlanjur mendapat serangan yang bernama DDOS.

Pelajari lebih lanjut mengenai serangan yang bernama DDOS dan sering melakukan scan terhadap server agar menjamin sistem keamanan dari server pada komputer Anda. Itulah beberapa hal yang bisa membantu Anda dalam mengatasi adanya serangan DDOS pada website.

 

 

 

 

Sumber : idcloudhost.com

×

Halo!

Klik link akun whatsapp dibawah ini untuk menghubungi kami atau kirim permintaan Anda ke email winetseven@gmail.com

× Ada yang bisa kami bantu ?