4 Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Kehidupan Sekarang

4 Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Kehidupan Sekarang

Artificial Intelligence adalah terminologi yang muncul tahun 1956 untuk pertama kali melalui konferensi iptek di Darthmouth, AS. AI dianggap sebagai salah satu penemuan besar yang membawa dampak besar bagi perubahan kehidupan manusia, selain penemuan roda, api, dan listrik. Salah satu konsep yang diprediksi akan mendorong tren produk teknologi masa depan ini juga sudah mulai diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, apa saja contoh penerapan AI di kehidupan sekarang? Berikut informasinya!

Filter email di Gmail

Google menggunakan AI untuk memastikan bahwa hampir semua email yang diterima dalam kotak masukmu bersifat asli. Filter email di Gmail berupaya mengurutkan email ke dalam sejumlah kategori, yakni utama, sosial, promosi, pembaruan, forum, dan spam. Program ini membantu mengorganisir email-mu sehingga kamu pun lebih mudah melakukan komunikasi melalui email.

Contohnya, Gmail mengurutkan email menjadi 4 kategori tab yang berbeda, dan mengirim email spam ke dalam folder terpisah. Google juga mengklaim bahwa pemfilteran berbasis AI mencegah lebih dari 99% spam masuk ke kotak masuk email-mu.

 

Discover Weekly di Spotify

Bagi kamu yang menggunakan Spotify untuk mendengarkan musik kesukaan, secara tidak langsung setiap harinya kamu sudah berhubungan dengan Artificial Intelligence. Playlist Discover Weekly yang dirilis Spotify pada tahun 2015 lalu mampu menggabungkan rekomendasi yang sesuai dengan bantuan AI. Mendasarkan analisisnya dari apa yang telah kamu dengarkan sebelumnya, Discover Weekly di Spotify memberikanmu playlist yang dipersonalisasi sehingga memberikan rangkaian rekomendasi musik yang sangat mungkin kamu sukai.

Meningkatkan sosial media

AI memudahkan pengguna untuk mencari dan berkomunikasi dengan teman dan rekan bisnis melalui sosial media. Manfaat penggunaan AI dalam sosial media bisa ditemukan pada LinkedIn. AI digunakan untuk membantu mencocokkan kandidat dengan pekerjaan dengan harapan dapat menciptakan kecocokan yang lebih tinggi antara bos dan karyawan.

Selain LinkedIn, AI juga digunakan pada Pinterest. Alat LENS Pinterest menggunakan AI untuk mengidentifikasi objek dalam gambar. Apabila kamu mengambil gambar objek menggunakan alat LENS Pinterest, fitur AI di didalamnya akan membantumu menemukan gambar objek serupa. Dalam beberapa kasus, kamu bahkan bisa menemukan penjual produk objek yang kamu ambil untuk melakukan pembelian.

Navigasi dan travel

Dari sejumlah contoh di atas, dapat terlihat bahwa penerapan Artificial Intelligence di kehidupan sekarang cukup luas. Salah satu contoh yang sepertinya dirasakan oleh setiap orang saat ini adalah travel dan navigasi. Penggunaan navigasi dalam kehidupan sehari-hari untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya berkaitan dengan AI, baik kamu menggunakan Google ataupun Apple Maps untuk navigasi serta saat kamu memesan ojek online hingga tiket pesat.

Baik Google dan Apple bersama dengan layanan navigasi lainnya menggunakan Artificial Intelligence untuk menafsirkan ratusan ribu titik data yang mereka terima untuk memberi pengguna data lalu lintas secara real-time. Saat kamu memesan ojek online, harga dan kendaraan yang cocok dengan permintaan perjalananmu juga ditentukan oleh AI. Dengan kata lain, AI memainkan peran yang sangat penting bagimu untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya.

Nah, itulah informasi mengenai beberapa contoh penerapan Artificial Intelligence di kehidupan sekarang yang perlu kamu ketahui. Disadari atau tidak, ternyata penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari sudah cukup luas dan tidak bisa terpisahkan. Bagaimana menurut pendapatmu?

 

 

 

 

Sumber Asli : dewaweb.com